Kamis, 15 Januari 2015

TIPS MENCEGAH BELANJA BERLEBIHAN

Setelah menerbirkan artikel yang berjudul "wanita suka belanja" dan kemudian disambung dengan artikel "kenapa kita (wanita) suka belanja" dan kini akan dilanjutkan dengan artikel ketiga sebaga pelengkap trilogi artikel yang berjudul "tips mencegah belanja yang berlebihan" 

Membayangkan untuk berhenti berbeanja bagi kaum wanita itu sangat sulit sekali apalagi benar ingin berhenti bahkan hanya untuk mengurangi rasa atau keinginan untuk berbelanja saja sulit. bagaimana tidak wanita sangat gemar sekali berbelanja (baca di "wanita suka belanja"). Bahkan hanya untuk berhenti membayangkan berbelanja saja wanita sangat sulit. Selalu ada saja hal yang dibayangkan dan yang ingin dibeli apalagi jika ada produk terbaru yang selama ini mereka sukai.

belanja


Selain itu sekarang jaman sudah sangat modern sekali, pusat perbelajaan beradA dimana-mana dan tempat yang mudah diakses. Dan selain itu juga pusat perbelanjaan tidak hanya bisa dijangkau tanpa  bergerak atau tidak perlu untuk beranjak dari tempat tidur, tinggal diakses diperangkat elektronik atau smartphone kita. begitu sangat mudah sekali bukan untuk kita bisa berbelanja.

Telah dijelaskan sebelumnya (baca "kenapa kita (wanita) suka belanja") bahwa salah satu faktor kenapa wanita suka belanja adalah rasa pelampiasan atau sebagai pelarian atas segala masalah apapun itu. hal ini bisa menjadi kebiasaan yang sangat buruk bahkan bisa menjadi candu bagi wanita. namun kalia tidak perlu khwatir. Karena berikut adalah tips atau saran yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk mengurangi resiko belanja yang berlebihan.

1.     Langsung anggarkan untuk menabung begitu kita mendapatkan penghasilan.
Kita dapat memperlakukan tabungan sebagai salah satu pengeluaran wajib yang harus kita lakukan setiap awal bulan. Jika kita memang sulit menabung, sangat baik jika kita membuka rekening tambahan yang akan melakukan autodebet dari rekening utama kita dan dananya tidak dapat kita tarik sebelum jangka waktu tertentu.
2.     Pikirkan dahulu selama beberapa hari sebelum membeli.
Untuk pembelian sesuatu yang harganya tinggi, pertimbangkan dahulu apa fungsi barang tersebut dan mengapa kita perlu membelinya selama beberapa hari. Jika perlu, tuliskan dahulu alasan-alasan kita memerlukan barang tersebut. Hal ini akan membuat keinginan kita yang mungkin tadinya hanya sekedar emosi sesaat untuk membeli barang menjadi lebih terkontrol dan kita melakukan pembelian dengan alasan yang rasional.
3.     Pastikan perut telah diisi ketika pergi belanja.
Ini adalah hal yang sepele yang mungkin awalnya terkesan tidak ada hubungannya dengan aktivitas belanja. Akan tetapi, apabila kita pergi berbelanja dalam keadaan lapar, kita akan lebih mudah mengambil banyak barang yang tidak kita butuhkan. Otak yang sedang dalam keadaan lapar secara tidak sadar memerintahkan kita untuk cepat-cepat berbelanja dan segera mengakhiri aktivitas untuk kemudian meminta asupan nutrisi. Akibatnya, ketika kita sedang memilih-milih produk, kita akan kurang mempertimbangkan kegunaan produk tersebut dan bersikap “masa bodoh”, yang penting barang-barang terbeli dan segera selesai berbelanja. Isilah perut dahulu dengan makanan yang cukup agar kita memiliki energi ekstra untuk berbelanja dengan lebih tenang.
4.     Berbelanja hanya untuk tujuan barang tertentu. 
Sebisa mungkin jangan datang ke pusat perbelanjaan dengan tujuan untuk sekedar melihat-lihat. Bagi kita yang memiliki kecenderungan boros, kita akan tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu. Tetapkan tujuan di pikiran kita dengan menegaskan pada diri sendiri, “Sore ini saya ke FFFF untuk membeli GGGG saja.” Apabila di tengah jalan kita melihat ada produk lain yang sangat bagus pun, hindarilah untuk membelinya. Boleh saja kita melihat-lihat produk, tetapi lihatlah hanya pada produk yang sejenis dengan yang kita inginkan. Misalnya kita sedang ingin membeli penanak nasi, amati dan bandingkan berbagai merk yang ada, tetapi jangan sampai kita kemudian nyasar ke bagian kosmetik dan justru memborong di sana.
5.     Jangan langsung membeli. 
Untuk barang yang harganya cukup tinggi, diperlukan pertimbangan yang matang untuk membelinya. Sebisa mungkin, jangan membeli mendadak. Pulanglah dahulu setelah kita berkeliling melihat produk yang sejenis dengan yang kita inginkan. Di rumah, dalam keadaan rileks, pertimbangkanlah kembali produk-produk yang kita lihat tadi. Dengan demikian, kita akan lebih mampu menghasilkan keputusan belanja yang terbaik.
6.     Jangan menjadikan belanja sebagai pelampiasan.
Memang, ketika kita membeli sesuatu, timbul perasaan yang dapat menambah kepercayaan diri. Akan tetapi, apabila kita memiliki track record yang cenderung buruk dalam membelanjakan penghasilan kita, lebih baik kita memilih aktivitas lain seperti berolahraga atau hiburan lain yang murah dan mudah dilakukan ketika suasana hati kita sedang tidak begitu mendukung.

setelah kita mengetahui banyak tips untuk mencegah belanja kita tidak perlu takut untuk berbelanja banyak, kita  tetap masih bisa berbelanja banyak namun hanya mengeluarkan biaya yang sedikit. mau tau apa yang bisa kita beli dengan jumlah yang banyak namun dengan harga murah, baca di belanja banyak dengan biaya yang murah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar